Senin, 29 Oktober 2012

Bengkel Hati "Ustad Danu"

Bengkel Hati adalah salah satu yang masuk dalam daftar Favorite Show List ku yang wajib ditonton setiap Ahad dan Senin jam 5 pagi. Acara ini sudah mulai ditayangkan 2 tahun yang lalu di TPI (sekarang MNC TV). Diasuh oleh ust. Danu (Jogyakarta) dan dipandu oleh dai Zacky (ahad) dan mas Bayu (senin). Sayangnya TV Tunner nancep di PC baru beberapa bulan ini, jadi acara sebelumnya tak pernah kutonton. MNC TV memang patut kuacungi 5 jempol (plus jempol kucingku) dalam memberikan acara tausiyah. Mulai dari si pembicaranya sendiri hingga pemandu acara (MC) dipilih secara serius dan berkualitasss! Parade tausiyah yang digelar mulai dari ahad hingga sabtu jam 5 pagi : Bengkel Hati, Suara dari Madinah, Nikmatnya Sedekah, Riyadh Sholihin, Taman Hati dan ..(lupa). Show paling favoritku ya yang diasuh oleh ust. Danu dan Syekh Ali (dri mekah). Isinya sangat dekat dengan kehidupan keseharian kita, serta keduanya paling nampak dalam membimbing kita untuk lebih memurnikan ketuhidan kepada Allah.
BAGIAN 1
REALISASI AL QUR’AN

Bengkel Hati merupakan sebuah acara yang mengkaji tentang realisasi Al Qur’an khususnya tentang kesehatan dan disampaikan dengan suasana yang santai tetapi penuh hikmah. Dalam Bengkel Hati, para jama’ah diajarkan untuk belajar menata hati (emosi) agar tidak terlalu berlebihan maupun terlalu di bawah standar. Hati akan diatur agar sesuai dengan kadarnya. Apabila terdapat penyakit dalam hati (iri, amarah, stres, cinta dunia, gemar maksiat, malas, dll) yang dibiarkan begitu saja dalam jangaka waktu yang lama dengan kadar yang rendah maupun sebaliknya, dibiarkan dalam jangka waktu walau sebentar tetapi kadarnya tinggi, maka akan menimbulkan berbagai efek buruk terhadap tubuh. Efek ini dapat berupa penyakit ringan seperti pusing, masuk angin, dan dapat pula berupa penyakit berat seperti kanker, atau cacat tubuh. Dalam Bengkel Hati, jamaah yang mengalami penyakit ini akan dibimbing menuju kesembuhan dengan cara yang dianjurkan oleh Allah. Apabila solusi diterapkan dengan baik dan berlanjut (istiqomah), maka dengan sangat cepat penyakit yang ada dalam tubuh dapat hilang tanpa jejak, insyaallah (atas izin Allah). Misalnya saja ada jamaah remaja belia yang sudah divonis oleh medis terkena kanker pintu rahim yang sudah kronis, dapat sembuh dalam beberapa bulan setelah menerapkan solusi yang diberikan dan dikerjakan dengan ikhlas.
Acara ini diawali oleh tausiyah atau nasihat-nasihat dari ust. Danu yang beberapa episode akhir diketahui nama aslinya ternyata Burhanuddin, selama beberapa menit, yang kemudian diselingi oleh konsultasi dari para jama’ah. Keluhan yang sering disampaikan adalah keluhan tentang beberapa penyakit yang dirasa oleh tubuh, tetapi terkadang juga ada yang meyampaikan tentang permasalahan hati seperti pertengkaran dengan pasangan, atau penyakit hati lainnya. Setelah 3 bulan menyimak hingga saat ini, banyak sekali pengulangan terhadap beberapa penyakit yang sama, sepertinya memang penyakit (selama 3 bulan masa saya menyimak) ini adalah penyakit yang sering dijangkit oleh penduduk Indonesia. Daftar penyakit serta bagaimana cara mengatasinya sudah saya cantumkan di artikel bagian 3. Penyakit yang dikeluhkan pun bermacam-macam, mulai dari yang ringan seperti sariawan hingga yang level high risk seperti kanker.
PENYEMBUHAN
Proses ust. Danu membantu menyembuhkan (atas ijin Allah) pada awalanya adalah jama’ah diminta untuk menyampaikan beberapa keluhan yang dirasakan. Bila penyakit sudah termasuk dalam penyakit berat, ustad meminta keterangan rekam medis dari dokter yang pernah di datangi jama’ah. Kebanyakan para jama’ah sudah mengidap penyakit selama jangka waktu yang lama, ada yang 2 tahun, 7 tahun, bahkan ada yang sudah mencapai 20 tahun, tetapi ada juga beberapa penyakit yang baru diidap selama hitungan hari. Setelah berkeluh-kesah biasanya jama’ah memohon kepada ust (karena sudah pasrah) untuk memberikan solusi dan bantuan untuk segera disembuhkan. Yah namanya juga masyarakat awam yang masih memiliki keterbatasan dengan ‘ilmu’, yang menganggap bahwa ust. Danu adalah Sang Pemberi kesembuhan. Oleh karena itu ust. Danu SELALU mengingatkan kepada para jama’ah bahwa yang memberikan kesembuhan adalah Allah Yang Maha Penyembuh, tinggal kitanya yang harus pintar-pintar memohon ampun kepadaNya atas segala khilaf serta berdo’a dengan hati yang penuh harap dan kesungguhan untuk segera diberi kesembuhan. Sering juga diingatkan bahwa segala penyakit ada dalam tubuh atau musibah yang terjadi pada kita adalah disebabkan oleh akhlak buruk yang dikerjakan di masa lalu. Sesuai firman Allah dalam surat :

An Nisaa : 62 “Maka bagaimanakah halnya apabila mereka (orang-orang munafik) ditimpa sesuatu musibah disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri…”.
Al Maa’idah : 49 “…maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan…”
Ar-Ruum : 30 “Dan apabila Kami rasakan sesuatu rahmat kepada manusia, niscaya mereka gembira dengan rahmat itu. Dan apabila mereka ditimpa sesuatu musibah (bahaya) disebabkan kesalahan yang telah dikerjakan oleh tangan mereka sendiri, tiba-tiba mereka itu berputus asa”
Asy Syuura : 30 “Dan apa musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)”
Subhanallah, Sungguh seluruh urusan sudah diatur dan tertuang dalam Al Qur’an hingga urusan penyakit atau musibah sekalipun, tinggal kita mau membaca atau MEMAHAMI-nya atau tidak. Sangat beruntunglah orang-orang yang mengetahui petunjukNya.
Kemudian ust. Danu akan memberitahukan penyebab-penyebab (akhlak buruk) dari timbulnya penyakit tersebut dengan menggunakan referensi dari hasil penelitian yang sudah pernah ia lakukan. Dan masyaallah…seluruh analisa dari ustad dibenarkan oleh jama’ah yang menderita penyakit. Terkadang karena gengsi dan malu, ada jama’ah yang tidak mau mengakui akhlak buruknya. Tetapi di majlis ini, ustad meminta agar bersikap jujur demi kesembuhan, karena dengan sikap jujur ini akan sangat membantu jama’ah dalam memohon ampun SETULUSNYA kepada Allah. Pernah saya ketawa cekikikan (ketawa kecil) ketika ada jama’ah yang memiliki image saleh tetapi ia ketahuan telah mendatangi dukun untuk meminta kesembuhan. Hmm..memang tampilan luar tidak menjamin sepenuhnya keimanan/ketaqwaan seorang hamba, ha..ha..ha..


BAGIAN 2
MEMOHON AMPUN

Bila jama’ah telah mengakui kekhilafan serta dosanya, ustad Danu akan membimbing untuk memohon ampun kepada Allah atas segala khilaf maupun dosa yang telah dilakukan di masa lalu. Tak jarang jama’ah menangis saat dituntun dalam memohon ampun. Ini berarti istighfarnya (memohon ampun) dilakukan dengan sungguh-sungguh…ini sangaaaaaaat membantu dalam proses kesembuhan. Lalu ustad Danu memberikan nasihat agar menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat. Maksudnya semua yang dilakukan di dunia ini (ibadah, shodaqoh, bekerja, beraktifitas, dsb) HARUS diluruskan niatnya hanya mengharap ridha Allah semata (memurnikan ketauhidan). Kemudian ibadah yang dikerjakan juga HARUS sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Dengan ini, doa yang hanya terucap sekecap pasti langsung di kabulkan oleh Allah, insyaallah (bila Allah menghendaki). Banyak jama’ah sebelumnya melakukan ibadah (mengaji, dzikir, tahajud, dsb) dengan niat bukan karena Allah melainkan untuk kesembuhan, keselamatan, dll. Disarankan juga untuk melaksanakan kewajiban shalat 5 waktu serta lebih sering melaksanakan ibadah shalat sunnah tahajjud dilaksanakan minimal 3 kali dalam seminggu dan memohon ampun serta berdo’a di dalamnya. Untuk referensi doa dapat disimak pada artikel bagian 4.

Kemudian ust. Danu bertanya lagi kepada jama’ah tentang kadar penyakit yang dirasakan seperti pusing, nyeri, sakit dll, dan alhamdulillah seluruh jama’ah merasa ada sedikit pengurangan yang sangat terasa setelah memohon ampun kepada Allah. Ditambahkan lagi bahwa ini adalah awal dari kesembuhan, jama’ah diminta unuk melaksanakan apa yang telah disarankan oleh ustad (yang telah saya tulis di atas) dan dikerjakan secara berlanjut.

Menurut ust. Danu kalau anaknya (sebelum baligh) yang sakit, seperti panas, kanker, autis, cacat dan gangguan lainnya, semua itu disebabkan oleh kelakuan orangtuanya. Sedangkan untuk yang sudah baligh disebabkan oleh dirinya sendiri.

Lamanya kesembuhan tergantung dari kefahaman ilmu syar’I serta keistiqomahan yang dimiliki dari tiap individu. Ada remaja yang lumpuh tak bisa jalan alhamdulilah bisa sembuh dalam beberapa bulan. Ada yang sembuh kemudian kambuh lagi, kemudian sembuh lalu kambuh lagi. Ada juga seorang sahabat ust. Danu (kiyai) dapat sembuh dalam 3 hari setelah mengidap penyakit katarak. Bisa jadisangat cepat, karena seorang yang faham akan ilmu syar’I pasti langsung segera memohon ampun kepada Allah setelah mengetahui dosa atau kekhilafan yang ia kerjakan.

BAGIAN 3
PENYAKIT

Dalam tiap penyakit terdapat keterangan ‘akhlak buruk’. Maksudnya adalah akhlak buruk yang dimiliki oleh si empunya sakit, baik yang dilakukan dahulu maupun yang masih terjadi pada waktu sekarang. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang pernah dibahas dan berhasil saya dokumentasikan.

DIABETES
Akhlak buruk : Bila menyampaikan nasehat maunya harus diikuti, kalau memberi perintah maunya harus diikuti, bila tidak dilaksanakan akan merasa emosi. Apa bila tidak cocok terhadap sesuatu, enath pendapat atau pandangan, akan marah-marah.
LAMBUNG
Maag, akhlak buruk : susah diatur, suka seenaknya sendiri, sensitif, tidak dapat mencerna masalah-masalah yang dihadapi dengan baik.
Asam Lambung, akhlak buruk : klau dinasehati selalu membantah, selalu beradu argumentasi.
Cara mengatasi : kalau menurut caranya semuanya bersumber pada hati dan pikiran. Dianjurkan untuk lebih menenangkan diri, mendengarkan nasehat dengan baik. Dalam menghadapi permasalahan sebaiknya menyerahkan segalanya kepada Allah karena Ia Yang Maha Tahu yang tidak kita ketahui, kita hanya dapat berusaha semaksimal mungkin.

BISUL-BISUL/ALERGI/JERAWAT
akhlak buruk : suka berfikir terlalu berlebihan (over), suka berfikir terlalu jauh dan kadang ada sedikit kejengkelan dalam hati.
Ada kasus salah satu jamaah terkena bisul-bisul di tubuh, yang kadang sembuh lalau kadang kambuh lagi. akhlak buruk : ia selalu suudzhon bahwa ia kena ‘serangan’ dari orang lain/ makhluk lain.

Gatal pada wajah, akhlak buruk : mungkin pernah mengamalkan amalan yang tidak sesuai dengan syari’ah, atau pernah diberi pegangan untuk keselamatan. Pada kasus ini jamaah diminta untuk benar-benar bertobat kepada Allah, karena di dalamnya terkandung syirik besar atau kecil. Diminta untuk tidak mengamalkan amalan-amalan yang tidak disyari’at kan serta tidak dicontohkan oleh Rasulullah.
Kemudian berdo’a : Ya Allah keluarkanlah makhluk-makhluk yang ada dalam tubuh ku, atau saudara XX, serta keluarkanlah mereka dengan tanpa daya atas ijin Mu.

KURANG PENDENGARAN
Telinga kiri, akhlak buruk : kalau mendengar sesuatu yang tidak cocok suka marah atau emosi
Telinga kanan, akhlak buruk : suka merasa tersinggung

KATARAK
Adanya di mata dan berhubungan dengan pandangan.
akhlak buruk : kalau diberi nasehat atau pandangan-pandangan tentang hidup maupun tentang agama islam sering menolak atau suka meremehkan, walaupun hanya diam.

KEPALA
Merasa sakit, pegal atau nyeri.
Kepala bagian kanan, akhlak buruk : ada kecurigaan terhadap anak, suami/istri yang berlebihan.
Kepala bagian belakang, akhlak buruk : sering merasa jengkel sehingga tensi naik, walau merasa jengkel tidak selalu marah. Merasa jengkel terhadap suami/istri/anak/orang lain.

LUMPUH/PINCANG
Pada anak, akhlak buruk : ada rasa kejengkelan atau kemarahan kepada orangtua. Ada perilaku yang membuat orangtua jengkel/ durhaka.
Pada dewasa, akhlak buruk : bersikap keras terhadap anak-anak, mungkin karena kenakalan anak. Merasa jengkel atau keras terhadap suami/ istri, dan suka emosional.

GINJAL
Ginjal berhubungan dengan keluarga, terutama pasangan hidup, suami/ istri.
akhlak buruk : sering merasa emosi terhadap pasangan hidup, emosi dalam mengatur anak.

SENDI KAKU
Lutut, akhlak buruk : dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agak kaku, kaku dalam mengatur keluarga, kaku dalam pergaulan.

DARAH TINGGI
akhlak buruk : sering menggunakan emosi dalam menghadapi permasalahan.

WASIR
akhlak buruk : bila ada masalah dengan saudara, orangtua, istri/suami, sering merasa jengkel atau emosi. Ingin berkata yang jelek-jelek tetapi kadang tidak dikeluarkan. Bila ada masalah dalam keluarga jangan marah, bicarakanlah dengan baik-baik.

STRES
Terkadang tiba-tiba menangis sendiri, berbicara sendiri, maunya mengamuk, dll.
akhlak buruk : pernah memiliki ilmu atau amalan yang tidak sesuai dengan syariat dan tidak dicontohkan oleh Rasulullah. Misalnya mempunyai pelindung berupa ayat-ayat, memiliki/bekerjasama dengan jin, mengikuti reiki, ilmu meringankan tubuh dsb. Termasuk membacakan doa-doa untuk suatu urusan, atau meminum air yang telah diberikan doa/jampi-jampi agar diberi keturunan, kesembuhan, dll.
Pada kasus ini jamaah diminta untuk benar-benar bertobat kepada Allah, karena di dalamnya terkandung syirik besar atau kecil. Diminta untuk tidak mengamalkan amalan-amalan yang tidak disyari’at kan serta tidak dicontohkan oleh Rasulullah.
Kemudian berdo’a : Ya Allah keluarkanlah makhluk-makhluk yang ada dalam tubuh ku, atau saudara XX, serta keluarkanlah mereka dengan tanpa daya atas ijin Mu.
Pernah ada jamaah yang tiba-tiba merasa tubuhnya ada yang keluar perlahan setelah membaca doa ini, karena sebelumnya ia tidak tahu telah memiliki ‘pelindung’ yang diwariskan oleh nenk moyangnya.

MASUK ANGIN
akhlak buruk : sering mengomel karena merasa jengkel yang berlanjut-lanjut.

SERING KENTUT
akhlak buruk : suka/gemar bercerita atau mengomel tetapi tidak sadar kalau itu sudah menjadi kebiasaanya. Mungkin juga bicaranya kelewatan. Misalnya ada sesuatu yang tidak perlu dibicarakan (keburukan orang lain, dsb) dibicarakan sekehendak hati.
Jangan suka banyak cerita yang tidak bermanfaat .

USUS
Usus lengket, akhlak buruk : pada putra/ putrinya ada permasalahan, dia sebagai orangtua tidak memberikan solusi atau nasehat, hanya diam saja atau banyak diamnya. Kalau terkena masalah cenderung diam, dipikirkan sendiri walau tak dapat mencari solusinya. Tidak mau men-share masalah.

TUMOR
Tumor Rahim/ kandungan, akhlak buruk : berhubungan dengan anak, misalnya ada putra/ putri yang menjengkelkan. Bila diderita oleh remaja biasanya ada kejengkelan terhadap orantua terutama ibu.

Tumor Bola mata bagian belakang, akhlak buruk : berhubungan dengan cara pandang dan pola fikir. Orangnya agak pendiam, penuh emosi atau jengkel bila melihat sesuatu karena tidak ada kecocokan walaupun tidak dikeluarkan (diam) yang disebabkan oleh orangtua/saudara/dll, yang dirasa sering melakukan kesalahan.
Minta maaf kepada orang yang dijengkeli dengan rasa tulus ikhlas. Operasi tidak menjamin hilangnya tumor akan tetapi itu menjadi juga menjadi kehendak dari Allah. Oleh karenanya lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan kewajiban shalat 5 waktu dan lebih sering melaksanakan shalat tahajud, memohon ampun kepada Allah serta memohon kesembuhan.

BRONKITIS
akhlak buruk : gampang tersinggung walau tidak marah secara langsung. Bila ada orang yang berkata tidak enak maka senyum saja…

ULU HATI
akhlak buruk : gampang merasa tersinggung. Sebaiknya didengarkan saja, jangan uring-uringan

KUTU AIR
Dalam kasus ini penderita sudah mengalami selama 10 thun.
Kaki berhubungan dengan keluarga, kalau jari berhubungan dengan kerapihan dalam keluarga, kerapihan dalam mengurusi keluarga. Kaki juga berhubungan dengan mencari rizki.
akhlak buruk : sering mengkritik oran lain yang tidak perlu, lebih baik memberi jalan keluar atau solusi.

KAKI
Pada kasus ini penderita merasa sakit saat pagi, terasa berat.
akhlak buruk : pernah melakukan pengobatan ke paranormal atau melakukan amalan yang tidak disyari’at kan. Misalnya diberikan air putih dsb, yang telah dibacakan do’a2/jampi2 yang tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah.
Pada kasus ini jamaah diminta untuk benar-benar bertobat kepada Allah, karena di dalamnya terkandung syirik besar atau kecil. Diminta untuk tidak mengamalkan amalan-amalan yang tidak disyari’at kan serta tidak dicontohkan oleh Rasulullah.
Kemudian berdo’a : Ya Allah keluarkanlah makhluk-makhluk yang ada dalam tubuh ku, atau saudara XX, serta keluarkanlah mereka dengan tanpa daya atas ijin Mu.

SARIAWAN
akhlak buruk : Suka berbicara pedhass, abik kepada pasangan, orangtua, anak, maupun orang lain.

TIDAK MENDAPAT KETURUNAN
akhlak buruk : bila salah satu pasangan ada kekurangan, berarti orangnya sangat pendiam dan agak tertutup/ introvert. Bila ada masalah banyak diamnya, tidak mau sharing dengan pasangan.

PSORIASIS
Pada Kepala, akhlak buruk : dulu sebelum sakit memiliki tipikal agak pendiam akan tetapi keinginannya banyak dan kuat, tetapi hanya disimpan di hati dan pikiran saja.
Harus belajar untuk mengerem keinginan ang banyak atau harus diimbangi dengan ihtiar/ usaha.
Atau pernah memiliki ‘pegangan’ dengan mempelajari sesuatu yang tidak sesuai dengan syariat.
Pada kasus ini jamaah diminta untuk benar-benar bertobat kepada Allah, karena di dalamnya terkandung syirik besar atau kecil. Diminta untuk tidak mengamalkan amalan-amalan yang tidak disyari’at kan serta tidak dicontohkan oleh Rasulullah.
Kemudian berdo’a : Ya Allah keluarkanlah makhluk-makhluk yang ada dalam tubuh ku, atau saudara XX, serta keluarkanlah mereka dengan tanpa daya atas ijin Mu.

GLUKOMA
Adalah pandangan yang kabur, seakan-akan terdapat kabut.
akhlak buruk : bila melihat aktivitas suami/istri/anak/oranglain bila tidak cocok merasa sangat jengkel/benci dan itu dipendam dalam hati. Bila aktivitas tersebut sesuai dengan syariat/ diridhoi oleh Allah maka lebih baik ikhlaskan saja dan memberi dukungan.

DNP (KELEMAHAN OTOT)
Pada kasus diderita oleh anak berumur 3 tahun terlihat sangat lemas.
akhlak buruk : untuk anak yang belum baliqh yang menjadi penyebab adalah orangtua. Suami-isteri sering beranten karena suatu sebab tertentu. Selesai berantem biasanya ada salah satu pihak yang sering merasa keputus-asaan yang sangat kuat. Rasa keputus-asaan ini tidak diperlihatkan oleh lisan dan bersifat terpendam dalam hati. Salah satu pihak ini pernah merasakan bahwa pernikahan yang dijalani ini gagal. Oleh karenanya harus kembali ke jalan Allah, jangan marah atau emosi bila ada aktifitas yang tidak melanggar syar’I yang dilakukan oleh pasangan. Janganlah gampang emosi, merasa jengkel atau putus asa. Jangan Berfikiran negatif terhadap apa yang dijalani, karena itu sudah menjadi kehendak Allah. Bila ingin berubah maka berusahalah untuk berubah ke arah yang lebih baik karena Allah.

SAKIT DIBAGIAN BELAKANG
akhlak buruk : biasana disebabkan karena ada rasa kejengkelan baik terhadap istri, anak, atau orang lain yang disimpan dalam hati. Biasanya tidak diikuti marah.

KAKI GAJAH
akhlak buruk : memiliki keinginan yang kuat terhadap sesuatu tetapi tidak dilakukan atau tidak dijalankan, dan tidak mau berusaha. Kalau memiliki suatu keinginan yang baik, alangkah baiknya direalisasikan.

KANKER
Kanker Gusi, akhlak buruk : pada kasus ini diderita oleh anak berusia < 1 tahun. Pada saat mengandung dimana umur kandungan > 6 bulan, suami dengan isteri atau sebaliknya, menyimpan rasa jengkel yang sangat kuat.
Istri dan suami harus rajin menjaga sholat & lebih rajin melkasanakan shalat sunnah tahajud, diniatkan karena Allah semata. Memohon ampun atas segala dosa yang dilakukan terhadap suami maupun isteri. Bila do’a dan ibadah dilakukan secara ikhlas maka akan segera dikabulkan oleh Allah SWT, insyaallah.

Kanker pintu rahim, akhlak buruk : rahim berhubungan dengan mulut. Si penderita banyak mengomel atau berbicara yang tidak perlu. Disebabkan oleh rasa jengkel terhadap orangtua/suami/isteri/orang lain.

PANAS TINGGI
Pada kasus ini penderita sudah mengecek ke dokter (rontgen, dsb) tidak ada masalah. Panas dapat mencapai 39’. Badan panas & pegal pada persendian (kaki) tiap 2 minggu sekali kambuh.
akhlak buruk : disebabkan karena adaanya amalan-amalan yang dilakukan tidak sesuai dengan syariat maupun bila dilakukan maka tidak diniatkan untuk Allah ta’ala. Dalam kasus ini nenek dari pasangan memberikan air putih yang diberikan bacaan Al Qur’an & melakukan shalat sunnah tahajud dengan niat agar cucu menjadi sehat dan diberikan momongan/anak. Selain itu mereka sudah pernah berkonsultasi dengan dukun, yang juga dapat menjadi penyebab utama.
Agar lekas sembuh, jamaah diminta untuk benar-benar bertobat kepada Allah, karena di dalamnya terkandung syirik besar atau kecil. Diminta untuk tidak mengamalkan amalan-amalan yang tidak disyari’at kan serta tidak dicontohkan oleh Rasulullah.
Kemudian berdo’a : Ya Allah keluarkanlah makhluk-makhluk yang ada dalam tubuh ku, atau saudara XX, serta keluarkanlah mereka dengan tanpa daya atas ijin Mu.

TULANG RUSUK
Tulang rusuk berfungsi untuk mengamankan dada dan paru-paru. Berarti ingin mengamankan sesuatu.
akhlak buruk : bila dinasehati orangnya diam saja, tetapi didalam hati menyimpan kejengkelan.

FITILIKO
Fitiliko merupakan suatu penyakit yang menyebabkan kulit kekurangan pigmen, sehingga pada kulit akan terlihat bercak-bercak putih. Di seluruh dunia sampai saat ini tidak ada obatnya.
Bila muncul di kaki, akhlak buruk : orang tersebut memiliki keinginan yang kuat sekali, tetapi saat melaksanakan atau menjalankannya ia tidak ada hasrat sama sekali atau bahkan tidak dikerjakan. Terkadang suka menyuruh tetapi ia tidak mau mengerjakan. Ia memiliki keinginan yang kuat tetapi action-nya kurang.

DOWN SYNDROME
Seorang anak yang mengalami keterbelakangan. Diderita oleh anak yang belum baligh.
akhlak buruk : pada saat mengandung salah satu orangtua bila marah atau emosi akan merendahkan orang lain/ pasangannya/orangtuanya/anak buahnya.

STROOKE
akhlak buruk : ada permasalahan dengan pasangannya. Menyimpan emosi yang sangat kuat dan hanya disimpan dalam hati, walaupun diam.

AUTIS (ANAK)
Kejang, akhlak buruk : salah satu dari pasangan bertipe pendiam, dan bila ada kejengkelan/kemarahan ia akan diam saja. Memohon ampun kepada Allah jika putra sakit karena orangtuanya, karena sifat buruknya. Diusahakan jangan terlalu diam atau introvert.

OSTEOPOROSIS
akhlak buruk : Kaki berarti dalam mengatur keluarga. Jadi dahulu dalam mengatur keluarga dilakukan dengan kaku, keras dan ada emosi. Kaku terhadap anak, terhadap suami, dll.
Memohon ampun kepada Allah karena dahulu lupa/tidak sadar pernah melakukan khilaf.

SULIT TIDUR
akhlak buruk : sebelum tidur ada sesuatu yang difikirkan entah dilakukan secara berlebihan maupun tidak. Sewaktu akan tidur sebaiknya istighfar secara bersungguh-sungguh. Mengingat kesalahan kita kemudian memohon ampun kepada Allah. Seraya berdoa : Ya Allah keluarkanlah makhluk-makhluk yang ada dalam tubuh ku, atau saudara XX, serta keluarkanlah mereka dengan tanpa daya atas ijin Mu. Karena bisanya bila melakukan aktivitas/amalan yang tidak disyari’atkan maka akan menjadi pintu masuk bagi makhluk lain untuk masuk ke dalam tubuh kita.

TAKALASIA
Merupakan terjadinya penyempitan pada saluran tenggorokan, biasanya sangat terasa saat menelan makanan.
akhlak buruk : kalau dahulu diajak bicara sulit/ sulit diajak bicara, bila ada permasalahan sering banyak diamnya. Misalnya bila ada anak yang bertengkar atau berantem maka dibiarkan saja/ diam. Bila melihat sesuatu kejadian dalam keluarga, tenggorokan jarang digunakan, lebih sering diam

Bagian 4
DOA

Berikut ini adalah do’a yang sering dibawakan oleh ust. Danu pada akhir acara. Bagus juga untuk referensi kita.
Bismillahirahmanirrahiim, alhamdulillahirabbil ‘alamin…
-sholawat kepada Rasulullah-

Ya Allah Ya Ghaffar (pemaaf)…
Ampunilah kesalahan dan dosa yang kami lakukan, ya Allah…
Dosa yang kami lakukan dari akhil baligh hingga saat ini.
Ampunilah dosa yang kami lakukan dari dosa kecil hingga dosa yang cukup besar di hadapanMu ya Allah,
Ya Allah ampunilah dosa yang kami lakukan kepada suami kami, kepada isteri kami, kepada anak-anak kami, kepada saudara-saudara kami, kepada teman-teman kami, kepada hamba-hambaMu yang lain ya Allah, dan juga kepada makhluk yang Engkau ciptakan di muka bumi ini ya Allah..
Ampunilah dosa yang cukup besar yang kami lakukan di hadapanMu ya Allah,
Ampunilah dosa yang kami lakukan kepada ibu dan ayah kami…
dari perbuatan lisan dan dari perbuatan kami yang dzholim kepada ibu dan ayah kami…

Ya Allah kami mohon juga kepadaMu
agar engkau ampuni kesalahan dan dosa ibu dan ayah kami ya Allah, aamiin…
kami memohon ampuni kesalahan dan dosa guru-guru serta pembimbing-pembinmbing kami, ya Allah…

Ya Allah, alhamdulillah Engkau telah menitipkan iman dan taqwa dalam hati kami…
Alhamdulillah, Engaku telah mengijinkan kami untuk menjalankan syari’at Mu ya Allah…
Alhamdulillah, Engkau telah banyak menitipkan nikmat dan rizky kepada kami ya Allah…

Ya, Allah…
Jika kami banyak salah dan dosa,
sehingga engkau memberikan kami musibah dan sakit pada diri kami,
Ampunilah kesalahan dan dosa-dosa kami ya Allah…
Dan kami mohon agar Engkau sembuhkan penyakit kami ya Allah…
Dan angkatlah musibah yang ada pada dirikami ya Allah…

Ya Allah…
Jika diantara anak-anak kami yang sakit karena perbuatan dosa kami di hadapanMu ya Allah,
Ampuni doa kami sebagai orangtuanya ya Allah…
Dan kami mohon agar engkau sembuhkan penyakit kami ya Allah…
Agar kami sekeluarga lebih sujud kepadaMu, aamiin-aamiin ya Rabbal ‘alamiin…

Ya Allah…
Jauhkanlah kami dari godaan syetan yang Engkau kutuk,
Jauhkanlah kami dari kejengkelan dan kemarahan yang ada pada hati kami,
Dekatkan kami dengan kesabaranMu ya Allah,
Dekatkan kami dengan orang-orang yang sholeh ya Allah…

Ya Allah ya Razak…
Mudahkanlah kami dalam mencari rizki yang halal dan thoyyib di muka bumi ini ya Allah…
Agar hati kami tenang dan tentram ya Allah…
Dan sebagian kami berikan di jalan Mu, aamiin…

Ya Allah, ya Rahman ya rahim…
Mudahkanlah usaha-usaha yang kami kerjakan di muka bumi ini ya Allah,
Ya Allah ya Fattah..
Jadikanlah kami menjadi hambaMu yang baik ya Allah dalam mempelajari Al Qur’an dan As Sunnah.
Dan jadikanlah kami menjadi hambaMu yang bisa menjalankan Al Qur’an dan As Sunnah dengan istiqomah ya Allah…

Ya Allah hanya kepadaMulah kami menyembah…
Dan hanya kepadaMu-lah kami meminta pertolongan.
Laillahailallah muhammadurasulullah…
Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fiil akhirati hasannah, wakinna adzabannar…
Wal hamdulillahirabbil ‘alamiin.
—————————————————————
YUUK, KITA FAHAMI
Hikmah yang didapat dalam show ini sangaaaaat banyak tak terhingga, beruntunglah bisa lihat TV setelah 2 tahun OFF, ha..ha..
Sebenarnya Allah telah memberikan banyak petunjuk kepada hambaNya untuk segala urusan agar mereka tidak tersesat dalam kebingungan, keburukan atau kesia-siaan. Mulai dari urusan ibadah, shadaqoh, bekerja, bersahabat, berkarya, mengurus anak, penyakit, bahkan hingga urusan ‘bercampur’ dengan suami/isteri semua telah ada aturannya demi kebaikan manusia itu sendiri. Allah banyak menyampaikannya dalam Al Qur’an maupun sunnah Rasulullah. Tinggal kitanya sendiri yang mau mencarinya atau tidak.
Pernahkah kita berfikir, mengapa para sahabat ketika membaca/mendengar Al Qur’an ada yang menangis, ada yang takut, ada yang terharu gembira, dan emosi-emosi lainnya…ya karena mereka faham betul tentang apa yang mereka baca dan apa yang mereka dengarkan. Bagi kita orang awam Indonesia, bahasa Al Qur’an adalah bahasa arab yang masih asing dalam memahaminya. Oleh karena itu, agar kita dapat benar-benar memahami makna kandungan Al Qur’an, selain membaca, fahami jugalah arti serta tafsirnya dengan baik sesuai dengan bahasa yang kita fahami. Tetapi dalam menafsirkannya, janganlah sekali-kali menggunakan akal pikiran & logika kita, jika tidak ingin TERSESAT maupun SALAH tafsir. Oleh karena banyak keterbatasan yang ia (akal-logika) miliki. Ikutilah tafsiran dari para generasi Salafus Salih (para sahabat Rasulullah, Tabi’in & tabiut tabi’in) karena pada generasi ini merekalah yang lebih mengetahui kapan ayat itu diturunkan, alasan ayat itu diturunkan, terlebih lagi mereka hidup di masa Rasulullah masih ada, serta akhlak yang benar-benar mereka jaga sesuai syari’at. Dan ini semua dapat di dapatkan melalui acara-acara seperti ini. Maka, katakan tidaak, untuk kebodohan!!!
Semoga bermanfaat bagi pembaca, terutama bagi saya sendiri.

 http://pisangaroma.ngeblog.ittelkom.ac.id/2012/04/tv-show-bengkel-hati-mengobati-dari-hati-1-dari-4/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar